Proklim (Program Kampung Iklim)


PROKLIM

Proklim (Program Kampung Iklim) adalah program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi GRK serta memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan yang dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.

Pelaksanaan Proklim mengacu pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 84 tahun 2016 tentang Program Kampung Iklim, dimana di dalamnya terkandung komponen utama, syarat pengusulan, penilaian dan kategori Proklim. Dalam pertauran menteri tersebut juga disinggung bahwa ProKlim dapat dikembangkan dan dilaksanakan pada wilayah administratif paling rendah setingkat RW atau dusun dan paling tinggi setingkat kelurahan atau desa.

terdapat 4 kategori desa proklim yaitu ProKlim Pratama, ProKlim Madya, ProKlim Utama dan yang tertinggi yaitu ProKlim Lestari. untuk mendapatkan apresiasi Proklim lestari, suatu desa harus telah mendapatkan proklim utama selama 2-3 tahun serta membina minimal 10 wilayah binaan.

pada tahun 2022 ini, kota prabumulih melalui dinas lingkungan hidup telah membina dan mendaftarkan 10 desa proklim yang terdiri dari 1 desa kandidat proklim lestari, 8 desa proklim binaan desa proklim lestari dengan perusahaan pendamping yaitu PT. Pertamina Limau Field dan 1 desa kandidat proklim utama dengan perusahaan pendamping PT. Pertamina Prabumulih Field. sedangkan 2 desa binaan proklim lestari lainnya sudah didaftarkan pada tahun 2019 dan tahun 2021.

Dari hasil penilaian berkas dan verifikasi lapangan, Dusun 3 Desa Karya Mulya, Kec. RKT berhasil meraih penghargaan proklim lestari atau tingkatan tertinggi kamping iklim dan RW. 04 kel. majasari mendapatkan sertifikat proklim utama. pada tahun ini hanya terdapat 12 desa proklim lestari se Indonesia dan Dusun 3 Desa Karya Mulya merupakan satu-satunya desa proklim Lestari se-Sumatera.



Lebih baru Lebih lama